RDC-SPECIAL-OFFER
click for this months special offer

Bahaya Blind Spot




Meminimalisir Blind Spot

Blind spot sangat berbahaya, karena saat ada mobil disebelah kiri dan kanan kita namun tidak terlihat di spion, dapat menyebabkan kecelakaan fatal bagi diri anda dan bagi mobil yang dikiri maupun di kanan anda. Berikut ini beberapa tips me-minimizing blind spot:

  1. Tempelkan Spion Frog Eye atau spion cembung yang biasa terdapat di toko2 aksesoris. Kegunaan Frog Eye ini dapat menagkap daerah 2 yang tidak terlihat oleh spion standar kita.
  2. Cara kedua adalah tanpa menggunakan perangkat tambahan. Cukup dengan spion kiri & kanan serta spion tengah. Caranya adalah set spion tengah senyaman mungkin untuk pengelihatan anda, kemudian jadikan spion tengah ini sebagai patokan untuk setting spion kiri & kanan. Biasanya di spion kiri dan kanan kita terlihat bagian belakang mobil kita, sebenarnya ini tidak perlu karena bagian belakang tersebut tidak akan kemana-mana.
  • Jadi untuk menyeting spion kanan, lihat terlebih dahulu benda apa yang terdapat di pojok kanan spion tengah anda (misalnya perempuan cantik), kemudian atur posisi spion kanan anda sehingga pada pojok kanan spion kanan anda perempuan cantik tersebut terlihat.
  • Demikian halnya untuk setting spion kiri, lihat terlebih dahulu benda apa yang terdapat di pojok kiri spion tengah anda (misalnya nenek-nenek), kemudian atur posisi spion kiri anda sehingga pada pojok kkiri spion kiri anda nenek-nenek tersebut terlihat.

(dari berbagai sumber)

Lima kunci keselamatan dalam mengemudi

Lima kunci keselamatan dalam mengemudi adalah :

Arahkan Pandangan Jauh Kedepan
Dengan mengarahkan pandangan jauh kedepan, kita bisa mengenal kondisi jalan di depan, dengan begitu akan mempermudah kita untuk mengambil keputusan lebih cepat jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengarahkan pandangan jauh ke depan, kesiapan kita untuk mecegah hal buruk akan tereksekusi lebih cepat dan lebih baik.

Dapatkan Gambaran yang Luas di Sekeliling Kendaraan
Pada saat menyetir mobil, pandangan sebaiknya tidak hanya tertuju ke depan, tetapi juga diarahkan ke sekililing kendaraan (kiri dan kanan). Hal memungkinkan kita lebih siap menghadapi kendaraan lain yang tiba-tiba muncul dari kiri dan kanan.

Aktifkan Mata
Jangan membiarkan tatapan kosong dan terpaku pada satu arah, usahakan agar mata bergerak setiap 2 detik untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan.

Perhatikan Jalan Keluar
Kenali kondisi jalan dan perhatikan area yang bisa memungkinkan menjadi jalan keluar juntuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga jarak dengan mobil di depan adalah hal yang sangat penting. Jika jalan dalam keadaan macet, ambilah jarak dengan kendaraan di depan yang kira-kira bisa memungkinkan kita melepaskan diri dari kemacetan.

Pastikan Orang Lain Melihat Anda
Penyebab utama dari kecelakaan adalah salah satu pihak tidak melihat keberadaan pihak lain. Oleh karena itu, pastikan selalu orang lain melihat anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membunyikan klakson, mengedipkan lampu dim atau melambaikan tangan.

Kelemahan terbesar saat menyetir mobil adalah terpecahnya konsentrasi mengemudi dengan permasalahan lain. Penting sekali untuk "meninggalkan" permasalahan selama mengemudi agar dapat berkonsetrasi penuh di jalan. Karena jika pikiran kita terpecah maka keselamatan mengemudi akan terancam, lagipula masalah yang dipikirkan pun tidak dapat kita selesaikan saat mengemudi. Konsentrasi mengemudi juga sering terganggu jika pengemudi dalam keadaan terburu-buru karena telat ke tempat tujuan. Untuk hal ini, sangatlah penting mengalihkan pikiran bahwa kita harus sampai dengan selamat, bukan "memburu waktu" yang sebenarnya memang sudah telat.

(dari berbagai sumber)

 

 

RDC - The Real Driving Centre

Customer Support

Depok
0822 9988 8732
Cibubur
0896 9537 8064
Depok
D4209C26

Our Client

Copyright © 2014. RDC - The Real Driving Course.
design by RDC - The Real Driving Course.